Workshop Kurikulum di Era Industri 4.0

Pemaparan Materi Oleh Ibu Ida Zuniarti

Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan kegiatan workshop Kurikulum dengan tema “Penyesuaian Dokumen Kurikulum di Universitas Bina Sarana Informatika berdasarkan Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran (outcome Base Education/OBE)”. Acara ini dihadiri oleh Dosen-dosen Universitas BSI dari berbagai program studi (Prodi). Bertempat di Aula UBSI Kampus Kaliabang, acara ini dilakukan selama tiga hari yaitu mulai dari tanggal 18 februari hingga 20 februari 2020.
Acara dibuka oleh Ibu Diah Puspitasari, M.Kom selaku wakil Rektor 1 (warek), beliau menyampaikan beberapa penjelasan singkat seputar acara workshop dengan harapan para kepala program studi dan juga staffnya dapat menyelesaikan kebutuhan agenda kegiatan ini. Selanjutnya acara diisi oleh kepala BPMA yaitu Bapak Suparman HL yang mengarahkan bagaimana membuat RPS, CPL, RTM maupun silabus yang memenuhi standart. lanjut beliau berpesan "tulis apa yang dilakukan. Lakukan apa yang ditulis". ini berarti kita harus mampu membuat kurikulum yang dapat diterapkan mahasiswa secara langsung dan juga  harapannya selama tiga hari kedepan standart yang telah dibuat dapat memenuhi jaminan mutu
Selanjutnya pemaparan materi dari ibu ida zuniarti. Tentang lampiran kurikulum dengan harapan pada saat akreditasi kurikulum sudah memenuhi standart sesuai dengan Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 yang sudah dipublish oleh RISTEKDIKTI tahun 2019. Apa yang harus dihasilkan, yaitu menyusun RPS sesuai form yang sama.
Hari kedua, hasil dokumen RPS, RTM, CPL rubik penilaian dan silabus yang sama nanti akan dipresentasikan setiap program studi. Merubah templatenya disesuaikan dengan OBE atau capaian pembelajran yang didapatkan dari risetdikti.
Metode OBE (outcome Base Education) menekankan apa yang bisa dicapai mahahasiswa. Dalam system pembelajaran mahasiswa harus lebih aktif dan dosen sebagai faselitator, dengan begitu terciptalah suasana perkuliahan yang lebih produktif. Hasil kegiatan ini adalah membuat kurikulum dengan titik pokoknya menekankan muara menjadi focus dan hasilnya dilihat dari proses belajar.  Dan dari lulusan ini lah tolak ukur dari program studi dilihat.

Komentar

Postingan Populer