Jurnal Komunikasi Vol.8 No.2 ( 2017 )
MITOS KEBEBASAN WANITA DALAM IKLAN
(ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN 3 / TRI VERSI KEBEBASAN WANITA DI TELEVISI )
ABSTRAK
Wanita di mata masyarakat masih terlihat berada di posisi yang dianggap sebagai kaum tertindas dan
lemah dibandingkan pria, karena penindasan terhadap wanita masih sering terasa dipaksakan dalam kebebasan /
hak mereka. Terkait dengan penyedia iklan wanita ini, 3 mengangkat kebebasan yang terjadi di masyarakat
sebagai inti pesan dari iklan tersebut. Tujuan studi ini adalah untuk mengungkap mitos atas kebebasan wanita
yang ada pada iklan 3 versi 'Kebebasan Wanita' (Women Freedom), yaitu dengan mengidentifikasi tanda-tanda
yang ada dalam iklan secara subjektif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat
interpretatif, yaitu dengan pengamatan langsung secara keseluruhan dan 3 versi kebebasan wanita di televisi.
Studi ini menggunakan analisis 'Semiotika of Roland Barthes', yang berfungsi untuk mengetahui mitos
kebebasan wanita dalam iklan 3 yang ditayangkan televisi dimana proses makna oleh semiotika dibuat. Hasil
dari studi ini adalah menemukan adanya kebebasan wanita yang tidak terbatas, penggunaan properti dan
penggunaan model burung betina / wanita dalam kehidupan sehari-hari. Wanita modern yang masih menabrak
aturan sistem budaya yang terikat, budaya yang melahirkan stereotip bahwa wanita bebas mengekspresikan dan
melakukan apapun, tapi masih pada batasan-batasan tertentu. Ditambah lagi adanya mitos kebebasan bersyarat
yang menunjukan bahwa kaum wanita tidak dibebaskan memiliki prinsip, iklan ini menunjukkan peran wanita
yang mengalami kemunduran dalam sistem sosial mereka karena aturan budaya yang mereka ikuti.
Kata Kunci: Wanita, Bebas, Iklan, Semiotika.
Dapat dilihat melalui link dibawah ini :
Komentar
Posting Komentar