Jurnal Komunikasi Vol.8 No.2 ( 2017 )

MITOS KEBEBASAN WANITA DALAM IKLAN 

(ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN 3 / TRI VERSI KEBEBASAN WANITA DI TELEVISI )



ABSTRAK 
Wanita di mata masyarakat masih terlihat berada di posisi yang dianggap sebagai kaum tertindas dan lemah dibandingkan pria, karena penindasan terhadap wanita masih sering terasa dipaksakan dalam kebebasan / hak mereka. Terkait dengan penyedia iklan wanita ini, 3 mengangkat kebebasan yang terjadi di masyarakat sebagai inti pesan dari iklan tersebut. Tujuan studi ini adalah untuk mengungkap mitos atas kebebasan wanita yang ada pada iklan 3 versi 'Kebebasan Wanita' (Women Freedom), yaitu dengan mengidentifikasi tanda-tanda yang ada dalam iklan secara subjektif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat interpretatif, yaitu dengan pengamatan langsung secara keseluruhan dan 3 versi kebebasan wanita di televisi. Studi ini menggunakan analisis 'Semiotika of Roland Barthes', yang berfungsi untuk mengetahui mitos kebebasan wanita dalam iklan 3 yang ditayangkan televisi dimana proses makna oleh semiotika dibuat. Hasil dari studi ini adalah menemukan adanya kebebasan wanita yang tidak terbatas, penggunaan properti dan penggunaan model burung betina / wanita dalam kehidupan sehari-hari. Wanita modern yang masih menabrak aturan sistem budaya yang terikat, budaya yang melahirkan stereotip bahwa wanita bebas mengekspresikan dan melakukan apapun, tapi masih pada batasan-batasan tertentu. Ditambah lagi adanya mitos kebebasan bersyarat yang menunjukan bahwa kaum wanita tidak dibebaskan memiliki prinsip, iklan ini menunjukkan peran wanita yang mengalami kemunduran dalam sistem sosial mereka karena aturan budaya yang mereka ikuti. 

Kata Kunci: Wanita, Bebas, Iklan, Semiotika.


Dapat dilihat melalui link dibawah ini :

Komentar

Postingan Populer