review pemakaian zoom

   

Menghadapi tentang larangan keluar rumah dikarenakan wabah covid 19, membuat perkulihan menjadi daring atau dalam jaringan. Sebuah upaya pemerintah agar rakyatnya tidak banyak jatuh korban terhadap virus tersebut, pemerintah menghimbau sebisa mungkin untuk tidak keluar rumah. Himbauan tersbut mendapat respon yang positif disegala bidang yang mengikuti arahan tersebut. Demi tetap menjalankan perkejaan dari rumah dan pembelajaran dari rumah, membuat beberapa bidang harus tetap berjalan dan merubah caranya kedalam daring. didalam dunia pendidikan kampus tempat saya mengajar, kami melakukan kuliah daring sudah cukup lama hanya saja beberapa matakuliah yang sifatnya umum di e-learningkan. Dengan adanya wabah ini akhirnya semua matakuliah masuk kedalam daring. Tetapi perkuliahan yang sifatnya tatap muka tentunya akan sulit awalnya ketika melakukan daring, karna saya biasa mengajar matakuliah workshop terbiasa untuk berdiskusi dan bertanya kepada mahasiswa/i seputar topik pertemuan. Untuk itu kita sebagai dosen harus bisa mencari cara agar mahasiswa agar lebih semangat walaupun melalui daring. beberapa langkah yang saya lakukan dalam pembelajaran daring ini adalah membuat group whatsapp sebagai diskusi ringan, kemudian google classroom sebagai bahan diskusi dan pertanyaan, serta zoom sebagai penjelasan dari materi power point.
   Zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang. Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio. Aplikasi yang berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat ini didirikan sejak 2011 lalu dan digunakan oleh berbagai organisasi dan perusahaan untuk mengakomodir para karyawan dari jarak jauh tapi dengan wabah ini zoom cukup digemari dibeberapa kalangan pengajar untuk melakukan pembelajaran layaknya dikelas. dari hasil beberapa hari pemakaian saya mendapatkan kelebihan dan kekurangan. yaitu

Kelebihan
1. Mudah diakses dimanapun
2. Fitur lumayan lengkap
3. Dapat direkam selama proses online zoom berlangsung
4. Dapat menampung 100 orang peserta
 
Kekurangan
1. Cukup menghabiskan kuota apabila menggunakan paket seluler
2. Jaringan buruk mempengaruhi penjelasan yang tidak tersampaikan
3. Untuk user basic(free) mendapatkan limit waktu

segala sesuatu pastinya mempunyai kekurangan dan kelebihan, Untuk itulah kita harus bisa mengantisipasi kekuran tersebut. Dari saya pribadi zoom sangat membantu didalam pengajaran, efek yang saya rasakan adalah mahasiswa jadi lebih aktif dalam berdiskusi. karna saya melakukan pengajaran tidak terlalu formal yang dimana membuat mereka senang untuk mengikuti layaknya berdiskusi dikantin atau luar kelas.
 

Komentar

Postingan Populer