Juri Editing Festival film SMK Taruna bakti depok 2017

M.Ichsan, Fajar Muharam, Ichsan Widi, Tofa, Azwar Munanjar
(Kiri ke kanan)

Pada Januari 2017 saya diberikan kesempatan untuk menjadi juri dalam acara Short Movie Competition Starbhak Broadcasting Award 2017 yang diselenggarakan oleh SMK Taruna Bhakti depok, jawa barat. Dalam kesempatan ini saya juga tidak sendiri, melainkan beberapa teman praktisi dan juga pengajar di Universitas BSI turut diundang. Di festival ini saya menjadi juri untuk editing video. kemudian Azwar Munanjar juri Penulisan naskah, Tofa juri Penyutradaraan, Fajar Muharam juri tata suara, dan M.Ichsan juri sinematography. festival ini diikuti oleh beberapa kelompok siswa/i sekolah tersebut, dan mereka melakukan proses pra produksi hingga pasca produksi dilakukan disekolah tersebut. saya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini. selain kegiatan ini positif tentunya karna mereka mampu memproduksi sebuah film pendek dengan proses produksi yang sangat singkat dan masih duduk dibangku sekolah. 

Acara dilakukan dikantin sekolah yang disulap menjadi tempat penayangan dan artperfome dari perwakilan siswa/i sekolah, walaupun bisa terbilang tempatnya sederhana karna keterbatasan ruangan yang ada, suasana yang penuh dan sedikit panas serasa tidak menjadikan permasalahan baik dari peserta, penonton dan juga juri semua membaur dan kita menikmatinya. saya sebagai juri editing video yang menilai tidak hanya seputar teknis editing melainkan juga konsep dan makna editing itu sendiri. karna juri yang hadir adalah para dosen BSI maka disini kita tidak hanya mengkritik hasil yang telah mereka kerjakan, melainkan kita sebagai juri juga memberikan beberapa masukan baik itu seputar teknis maupun konsep agar kedepannya mereka dapat melakukan produksi yang lebih baik lagi. Secara editing dari hasil penilaian saya hampir semuanya mendapatkan nilai yang baik yang akhirnya membuat saya sendiri sebagai juri editing merasa kebingungan untuk memutuskan siapa pemenang jobdest editing terbaik.

Dengan kegiatan ini saya banyak belajar juga dari sekola SMK Taruna Bakti, yang dimana jurusan penyiaran di SMK tersebut terbilang baru dibuka beberapa tahun tetapi sudah banyak kegiatan yang mendukung siswa/i nya untuk meningkatkan keahliannya, termasuk kegiatan Short Movie Competition Starbhak Broadcasting Award ini baru pertama dimulai dan memiliki antusias yang sangat besar dari siswa/i nya. 

 Sertifikat Penghargaan sebagai juri Editing video



Komentar

Postingan Populer