Film Rangking 1 versi IMDB The Shawshank Redemption (1994)

     

Film The Shawshank Redemption (1994) merupakan film yang wajib ditonton. film yang masih mempuncaki rating di situs IMDB ini mendapatkan angka 9.2 dan sudah bertahan cukup lama. IMDB sendiri adalah salah satu tempat dimana film-film diseluh penjuru dunia mendapatkan penilaian dari para penontonnya berdasarkan voting. voting ini dilakukan terus menurus, jadi jangan heran apabila rating  film berubah-ubah, ini dikarenakan penonton yang menilai film yang mereka tonton baru melihat filmnya. jadi apakah IMDB bisa menjadi patokan filmnya bagus atau tidak. itu tergantung selera masing-masing. karna sama film berbicara banyak hal. mulai dari entertaiment hingga edukasi. dan berbagai genre yang setiap orang mempunyai pilihan masing-masing.

film ini saya rekomendasikan apabila kamu menyukai drama tetapi non percintaan. sedikit cerita singkat Film ini yaitu menceritakan seorang bankir yaitu Andy Dufresne yang dituduh membunuh istri dan selingkuhannya berdasarkan bukti kejadian dan dihukum penjara dua kali seumur hidup di Shawshank State Penitentiary. Uniknya difilm ini adalah tokoh utama Andy Dufresne diceritakan oleh tokoh kedua Red yang diperankan oleh Morgan Freeman disepanjang film. melalui  red andy meminta untuk menyelundupkan beberapa barang yang dia butuhkan untuk melakukan aksi kabur dari penjara, berbagai konflik coba dibangun difilm ini. penonton diajak melihat perjuangan  andi mulai dari diperkosa dengan bos geng yang homo hingga perlakuan polisi yang menutupi kejahatan-kejahatan dialam tahanan. tetapi semua sedikit berubah ketika andi ditugaskan untuk menjaga perpustakaan yang tidak ada orang mau membaca, dia mendengar percapakan antar sipir mengenai masalah keuangan. disitulah dia mencoba membantu. dan akhirnya dia terkenal diseluruh sipir hingga kepala penjara. karna kedekatan antar kalangan tersebut andy memanfaatkan mencari celah untuk kabur dan juga berhasil mengambil data rekening dari kepala penjara yang korup. akhirnya diapun berhasil kabur dan menikmati uang hasil korupsi tersebut. Setelah ditahan selama 40 tahun, Red memperoleh pembebasan bersyarat. Ia berusaha beradaptasi dengan kehidupan di luar penjara dan khawatir ia akan gagal. Karena sudah berjanji kepada Andy, ia mengunjungi Buxton dan menemukan kotak berisi uang dan surat yang memintanya pergi ke Zihuatanejo. Red melanggar pembebasan bersyaratnya dan pergi ke Fort Hancock, Texas sebelum melintas perbatasan ke Meksiko. Ia akhirnya mengaku memiliki harapan. Di sebuah pantai di Zihuatanejo, ia menemukan Andy dan keduanya bersatu kembali
   

Alur maju mundur dari film ini membuat penonton bisa mengetahui sosok karakter andy yang kuat menghadapi permasalahan dan mencari jalan keluar dan memutar balikan keadaan.  Naskah yang dibuat menarik karna peran utama sedikit dialog dan lebih diceritakan melalui Narasi tokoh kedua. Plot yang dicoba dibangun berhasil membuat penonton terbawa suasana, tiap scene yang dihadirkan mempunyai kekuatan dan saling terhubung satu dengan lainnya. pantas saja film ini masih bertahan dan banyak orang yang menilai lumayan besar. film ini seakan-akan tidak pernah bosen bila kita ingin menonton kembali. karna drama yang dihadirkan sangat dewasa atau bisa dikatakan kritis namun masih bisa dinikmati dibeberapa kalangan. 


Komentar

Postingan Populer